Siapakah Itu Roh Kudus ?

Banyak orang berpandangan salah tentang Roh Kudus, Dia bukanlah hanya suatu kuasa yang bekerja dalam hidup kita tetapi Dia adalah satu pribadi yang sangat nyata. Alkitab memberikan penjelasan tentang pribadi Roh Kudus sebagai berikut :

1. Roh Kudus adalah satu Pribadi yang diutus Bapa untuk menolong kita (Yohanes 14:15-17)

follow ig : @stevenagustinus

Roh Kudus adalah satu Pribadi yang diutus Bapa untuk menolong kita dalam segala kelemahan yang kita miliki. Karena kita tidak dapat menuruti segala perintah Tuhan tanpa bantuan Roh Kudus.

– Doa yang sejati selalu diprakarsai oleh Roh Kudus

– Penyembahan yang sejati selalu terjadi melalui Roh Kudus

– Kasih yang sejati selalu dikerjakan oleh Roh Kudus

– Kekudusan yang sejati selalu dihasilkan oleh Roh Kudus

– Pertumbuhan yang sejati selalu terjadi oleh Roh Kudus

2. Roh Kudus adalah Allah yang Maha Hadir (Yohanes 14:16-17)

follow ig : @stevenagustinus

Allah Bapa dan Tuhan Yesus tidak ada dalam dunia, tetapi Roh Kudus masih tinggal di dalam dunia bersama-sama Gereja Tuhan. Kehadiran Roh Kudus menyatakan hadirat Allah yang Maha Kuasa. Kehadiran Roh Kudus selalu membawa perubahan yang positif dalam hidup kita.

Kala kita lemah, kehadiranNya menguatkan kita. Kala kita sakit, kehadiranNya menyembuhkan kita. Kala kita berbeban berat atau terikat, kehadiranNya membebaskan kita. Kala kita berputus asa, kehadiranNya memberikan harapan baru.

3. Roh Kudus menyatakan Yesus lewat hidup kita (Yohanes 14:17)

follow ig : @stevenagustinus

Roh Kudus akan mengajar kita langkah demi langkah agar terus berubah menjadi seperti Yesus (Yohanes 4: 26). Terbukalah terhadap teguran-teguran yang Roh Kudus berikan.

Dia menolong kita bersaksi tentang Yesus, yang akan memberikan kata-kata untuk kita ucapkan (Matius 10:19-20). Roh Kudus yang akan menginsyafkan orang melalui kesaksian atau pelayanan kita.

4. Roh Kudus menyingkapkan hal-hal ilahi kepada kita

follow ig : @stevenagustinus

Roh Kudus menyingkapkan hal-hal yang hanya dapat diketahui oleh orang yang dewasa rohaninya. Ia akan menyingkapkan hal-hal tentang Allah yang tidak dapat dipahami oleh akal manusia (Eesus 3:18-19).

~ PS. Steven Agustinus ~

 

Bagaimana Memulai Persekutuan Secara Benar Dengan Roh Kudus ?