Bagaimana Memulai Persekutuan Secara Benar Dengan Roh Kudus ?

Banyak orang yang tahu mengenai Roh Kudus namun sayangnya tidak mengetahui bagaimana sesungguhnya memulai persekutuan dan berinteraksi dengan Roh Kudus. Padahal Roh Kudus adalah pribadi yang real atau sangat nyata. Padahal untuk memulai persekutuan dengan Roh Kudus tidaklah sulit :

1. Sadari bahwa Roh Kudus adalah satu pribadi yang selalu bersama kita (Yohanes 14:16-17)

follow ig : @stevenagustinus

Allah Bapa dan Tuhan Yesus tidak ada dalam dunia, tetapi Roh Kudus masih tinggal di dalam dunia bersama-sama Gereja Tuhan. Kehadiran Roh Kudus menyatakan hadirat Allah yang Maha Kuasa. Kehadiran Roh Kudus selalu membawa perubahan yang positif dalam hidup kita.

Untuk itu berpeganglah pada firman, bukan pada apa yang sedang kita rasakan (emosi/ perasaan). Karena setiap perasaan, emosi, pikiran dsb dari hidup kita harus diselaraskan dengan prinsip firman yang Tuhan berikan.

2. Miliki Kesadaran Akan Allah

follow ig : @stevenagustinus

Mintalah kepada Bapa untuk menyatakan kehadiranNya dalam hidup kita. Gunakan pikiran dan imajinasi kita untuk membayangkan kehadiran Yesus di setiap aspek kehidupan sehari-hari kita. Kemudian mulailah bertutur sapa denganNya.

3. Tingkatkan Kesadaran Akan Allah (Roma 8:15-16, 1 Korintus 2:11-12)

follow ig : @stevenagustinus

Mulai rasakan kehadiranNya dalam roh kita tanpa terlebih dahulu membayangkannya. Kemudian ajukan beberapa pertanyaan dan terima jawabannya. Lalu mulai beri waktu yang cukup untuk bersekutu dengan Roh Kudus melalui penyembahan dan perenungan firman. Mintalah Roh Kudus untuk menolong kita dalam hal menyembah Tuhan dengan segenap hati. Baca satu perikop firman Tuhan dan minta Roh Kudus mewahyukan pesan, teguran ataupun janji-janji Allah.

Terakhir catat setiap firman yang diterima, lalu konfirmasikan dengan ayat-ayat lain atau kebenaran-kebenaran dasar firman Allah yang lain. Intinya adalah mulai berlatihlah untuk roh kita mulai dapat membedakan berbagai macam perasaan dalam roh.

~ PS. Steven Agustinus ~

Siapakah Itu Roh Kudus ?