7 Area Penting Yang Harus Terbangun Akurat Di Hadapan Tuhan

StevenAgustinus.com – Kehidupan yang memperkenan hati Tuhan pastinya adalah kerinduan terdalam dari setiap kita sebagai orang percaya. Namun seringkali keinginan tersebut hanya berupa angan-angan belaka yang tak kunjung bisa dipraktekkan. (baca juga : Apa Arti Hidup Dalam Perkenanan Tuhan ? )

Ada saja areal-areal kehidupan kita yang belum akurat/meleset dari target atau sasaran yang Tuhan tetapkan, Alkitab menyebutnya sebagai dosa/ hamartia (Yunani)

Ibr 12:1. Dan firman Tuhan menegaskan agar kita sebagai orang percaya menanggalkan semua beban dan dosa yang merintangi, sehingga orang percaya dapat berlari dengan kuat dalam perlombaan iman yang ada!

Untuk itu, sudah menjadi kehendak dari Tuhan untuk umatNya bisa memiliki kehidupan yang akurat setiap harinya (tidak hanya akurat saat di hari minggu saja).

Pengertian memiliki kehidupan yang akurat adalah mempunyai kehidupan sehari-hari yang selaras/ ada dalam harmoni dengan agenda kerja/ rancangan Tuhan yang Ia miliki dalam kekekalanNya. Sehingga kehidupan sehari-hari yang kita jalani dapat berfungsi menjadi alat/ sarana untuk Tuhan memanifestasikan KerajaanNya di bumi ini.

Efesus 3:11  sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakan-Nya dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. 

Sebelum pertobatan, kita sudah terlanjur ada banyak pola dunia yang terbangun dalam hidup kita. Untuk itu, dibutuhkan suatu kerja sama dengan Roh Kudus untuk betul-betul merombak pola dunia tersebut dan membangun pola Ilahi, kehidupan yang akurat dalam hidup kita.

Pastikan kita terus hidup dalam lingkupan roh haus-lapar akan Tuhan.

Dengan terus mengikuti bekerjanya roh haus-lapar akan Tuhan dalam batin kita, otomatis akan mulai terbangun persekutuan pribadi yang hidup & sehat dengan Tuhan. Kita jadi lebih mudah untuk mendengar suara Tuhan & menerima arahan/ tuntunan Roh. Yang harus kita pastikan hanyalah tidak ada lg bayang-bayang ketakutan/ kekuatiran dari masa lalu maupun intimidasi musuh yang berupaya membuat kita jadi mempertimbangkan ulang setiap tindak ketaatan yang seharusnya kita lakukan dengan seketika dan all out.

Ketika dari dalam batin kita sudah tercetak suatu tekad yang bulat untuk selalu mentaati apapun arahan/ tuntunan yang Roh berikan, otomatis tidak akan ada kesulitan untuk kita selalu mentaati setiap arahan yang Roh Kudus berikan. Dari bertumbuhnya roh yang taatlah, tindakan pembenahan hidup sehingga terbangun kehidupan yang akurat dalam segala hal akan dengan mudah terbangun.

Percayalah, bagaimanapun musuh berupaya menakut-nakuti dan mengintimidasi kita berkaitan dengan masa depan yang masih harus kita hadapi, rancangan Bapa bagi kita adalah selalu rancangan masa depan yang gilang gemilang, penuh pengharapan ! Jadi tetapkan saja hati kita dan teruslah melangkah dalam ketaatan atas setiap arahan yg Roh Kudus berikan.

Roh Kudus selalu bekerja untuk membangun keakuratan dalam hidup kita

Roh Kudus selalu bekerja untuk membangun keakuratan dalam hidup kita sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kita akan menjadi pribadi yang selalu diberkati, disertai Tuhan & diurapi dengan kuasaNya. Kita memiliki kehidupan sehari-hari yang efektif, berdampak & berbuah lebat bagi kerajaanNya.

Jika kita memperhatikan kehidupan sehari-hari Yesus, kita mendapati suatu contoh kehidupan yang efektif, berdampak kuat/ berdampak kekal dan berdaya guna bagi kerajaan surga; itulah jenis kehidupan yang Tuhan ingin bangun dalam hidup kita.

Memang tidak akan terjadi dalam semalam tapi bagaimanapun juga dengan dicurahkannya kuasa firman & Roh dalam hidup kita, maka akan selalu ada anugerah yang memampukan kita untuk membenahi hidup sehingga akan terbangun kehidupan sehari-hari yang makin akurat di hadapan Tuhan.

Berikut adalah beberapa area penting dalam kehidupan sehari-hari yang membutuhkan penyelarasan dari firman & Roh sehingga terbangun kehidupan yang akurat di hadapan Tuhan :

1. Area dasar keyakinan

follow instagram : @stevenagustinus

Apa yang sudah menjadi keyakinan dalam hidup kita akan selalu menjadi rujukan – secara sadar ataupun tidak – dari setiap pengambilan keputusan yang kita buat. Itu sebabnya adalah sangat penting untuk kita dapat membangun ulang setiap dasar keyakinan yang kita miliki agar selalu selaras dengan firmanNya.

2. Area Sikap hati

follow instagram : @stevenagustinus

Apa yang tersimpan dalam hati, cepat atau lambat pasti akan memanifestasikan dirinya melalui kehidupan sehari-hari kita. Sikap hati yang tidak akurat hanya akan membuat jalan hidup kita jadi berlika-liku (Maz 18:20-26) Itu sebabnya dibutuhkan kewaspadaan untuk selalu menjagai hati kita (Ams 4:23) Dengan memiliki sikap hati yang akurat di hadapan Tuhan, otomatis kehidupan sehari-hari kita juga akan jadi dibawa Tuhan bertumbuh makin menanjak!

3. Area rutinitas, gaya hidup/ kesibukan sehari-hari

follow instagram : @stevenagustinus

Rutinitas kehidupan yang kita jalani dalam hidup sehari-hari adalah merupakan penentu apakah kehidupan yamg kita miliki dapat dikatakan sebagai kehidupan yang efektif, berdampak dan berdaya guna bagi kerajaan surga ataupun tidak.

Gaya hidup yang kita miliki juga akan ikut menentukan apakah kita akan menikmati kesehatan Ilahi atau justru terus hidup dalam sakit penyakit. Terlepas dari berbagai kesibukan sehari-hari yan kita miliki, pastikan kita terus memiliki kehidupan yang selalu available bagi kerajaan surga. Jadi ijinkan untuk Roh Kudus ikut menata setiap kesibukan/ rutinitas yang kita miliki.

4. Area penggunaan uang

follow instagram : @stevenagustinus

Tuhan tidak pernah memberkati kita kurang! Alasan umat Tuhan seringkali bergumul dalam aspek keuangan adalah karena mereka salah dalam mengelola setiap berkat yang Tuhan berikan. Gaya hidup glamour/ berlebih seringkali menjadi penyebab dari pergumulan keuangan yang umat Tuhan harus hadapi. Masih adanya cinta akan diri sendiri, cinta akan gemerlap dunia ini dan cinta akan uang membuat seseorang jadi tidak berhikmat dalam mengelola arus keuangan dalam hidup mereka.

Tidak sedikit umat Tuhan yang jadi terjerat oleh hutang/ kredit macet juga disebabkan karena tidak adanya penguasaan diri dalam mempergunakan uang yang Tuhan berikan sebagai penyediaanNya bagi kita. Usaha untu keluar dari masalah keuangan seringkali dikonotasikan dengan harus adanya tambahan berkat yang kita terima, padahal yang harus kita lakukan hanyalah dengan berhemat! Adalah jauh lebih mudah untuk menghemat Rp 10.000 daripada mencari tambahan Rp 10.000.

(baca juga : Bersama Tuhan Menyelesaikan Semua Hutang)

 5. Lokasi tempat tinggal

follow instagram : @stevenagustinus

Usahakanlah untuk memiliki tempat tinggal/ rumah yang dekat dengan pusat aktivitas Kerajaan (gereja lokal yang sudah terbangun menjadi Pintu Gerbang Sorga). Tujuannya tidak lain adalah agar kita dapat lebih efektif/ hemat waktu dalam usaha kita meleburkan diri dalam kegerakan yang sedang Tuhan lakukan melalui gerejaNya. Perjalanan destiny yang kita miliki akan mengalami akselerasi yang luar biasa saat kita memutuskan meleburkan diri dalam gereja lokal yang sudah berfungsi menjadi Pintu Gerbang Sorga atas suatu daerah/ teritorial tertentu.

6. Jenis pekerjaan/ profesi

follow instagram : @stevenagustinus

Pekerjaan yang kita miliki seharusnya merupakan ladang pelayanan kita juga. Tanpa kita ada pada ‘ladang pengaruh’ yang Tuhan tetapkan bagi kita, seringkali akan sulit untuk kita menikmati bekerjanya kuasa anugerah yang memampukan kita mengerjakan apa yang harus kita kerjakan, meraih target yan memang dipatok bagi kita; kita sering tidak menikmati adanya penyertaan Tuhan dalam pekerjaan kita. Biarlah Roh Kudus menuntun kita untuk ‘memasuki ladang’ yang memang Tuhan khususkan bagi kita. Di sanalah posisi, pengaruh & efektifitas kerja kita akan terus mengalami terobosan & bertumbuh maksimal.

7. Pasangan hidup

follow instagram : @stevenagustinus

Bagi yang masih single, pastikan anda tidak sembarangan dalam memilih pasangan. Pastikanlah orang yang akan anda pilih tersebut merupakan pasangan yang seimbang, yang akan menolong anda menuntaskan perjalanan destiny anda secara maksimal. Dengan anda memiliki pasangan yang seimbang, anda akan seperti pesawat dengang mesin double Turbo. Anugerah, kekuatan & sukacita akan terus menyertai kehidupan sehari-hari anda. Nikmatilah realita surga & penyertaan Tuhan dalam kehidupan keluarga anda.

Ps. Steven Agustinus